Jebakan Cicilan Kartu Kredit bagi Nasabah

Saya pernah kok nyicil pake kartu kredit, udah 2x. Masih ada cicilan aktif malah sekarang. Salah satu alasan saya dulu punya kartu kredit (selanjutnya disebut CC) adalah fiturnya yang dapat kita gunakan sebagai alat pengajuan cicilan. Cicilan tersebut kita ajukan setelah transaksi berhasil ( limit CC mencukupi ). Tentunya cicilan yang saya pilih adalah cicilan 0%.

Keuntungan ini yang menurut saya dapat mempermudah membeli barang elektronik, Kenapa elektronik? karena buat saya, barang elektronik itu  harus yang bermerek, bermutu, dan tahan pakai dalam beberapa tahun ke depan (long term). Sehingga harganya pun terbilang mahal. Untuk mengeluarkan biaya yang mahal di awal dan penggunaan yang long term itu, saya mending ajukan cicilan dengan termin mulai dari 3 bulan sampai 2 tahun maksimal. Kebayangkan, barang masih kita pake beberapa tahun dan biaya cicilan ringan tiap bulan? Pas cicilan selesai  pun, apabila barang belum rusak atau hilang, keuntungan berpihak pada kita. Beda cerita ya kalo rusak dan hilang hehe…

jANGAN tERJEBAK CICILAN KARTU KREDIT ! (1)Tapi please banget jangan apa apa dicicil yah.. jangan konsumtif juga. Bener-bener barang yang worth it aja. Kalo saya cicil kamera mirrorless sama HP.

Tapi kalian kepikiran ga si jebakan dari cicilan itu? Apa ‘tipu daya bisnis dibaliknya? hehehe bahasanya kaya di berita kriminal aja wkwkwk. Saya punya pemikiran yang merupakan analisis personal aja dan bukan bersumber dari siapapun ya. Jadi murni hasil otak sendiri hahaha.

  1. Perusahaan memastikan bahwa nasabah tidak lari dan loyal

Misal saya mengajukan cicilan 1 tahun untuk HP. Berarti dalam kurun waktu tersebut saya tidak akan menutup CC saya kan? kecuali saya mau lunasi secepatnya. Tapi mayoritas kenapa orang mau nyicilkan untuk menghindari mengelurakan uang besar di depan kan ?Finally, kita akan mengaktifkan CC tersebut minimal sampe cicilan kita kelar.

2. Perusahaan membuka peluang kemungkinan nasabah untuk menggunakan CC untuk keperluan lain

Nyambung dengan poin 1 karena kita masih aktif menggunakan CC, kita mungkin aja nih tergoda utuk pake buat hal-hal ga perlu karena limit CC masih banyak. Hayo ngaku, siapa yang pas akhir bulan bela-belain pake CC untuk beli makeup atau baju yang lagi sale?

3. Perusahaan dapat menawarkan program-program lain 

Nyambung sama dua penjelasan di atas. Selama kita masih make itu CC, kita akan dikejar terus program-program ‘loyalitas’. Perusahaan mencoba untuk mengoptimalkan potensi dari nasabah yang ada. Jadi semacam perusahaan udah punya skenario untuk bukan nasabah nawarin apa, nasabah baru nawarin apa, dan nasabah loyal nawarin apa. Proses itu ga akan ada abisnya. Muter di situuuu aja. tanggapan gue sih untuk bagian yang nawarin-nawarin produk ini agak nyebelin. Saya gatau sih apakah data kita dijual untuk kepentingan sales dan marketing suatu perusahaan. Kita suka ditelfon untuk penawaran asuransi, cicilan, dan penawaran-penawaran lain. Ganggu banget yang kaya gini. Saya aja rencana mau nutup CC saya setelah cicilan kelar.

Udah gitu doang guys HAHAHA, See you in the next post.

Advertisements

2 Comments Add yours

  1. Banyak orang yg memandang bahwa orang yg punya kartu kredit itu keren. Padahal orang dg kartu kredit itu orang yg hutang kan ya. Orang2 dengan uang tunai jauh lebih keren mestinya

    1. nilasyara says:

      Hi salam kenal. Makasi udah visit my blog and comment. Iyaa betul bangeett!! Jangan sampe salah mikirnya. Memang, CC juga dpt digunakan untuk alasan yang baik, misalnya utk pembelian menggunakan dollar (luar negeri). Pake Pay Pal Debit bisa juga, tapi ada tambahan charge. Sedangkan kalo pake CC engga. Nah, kemudian nasabah harus disiplin bayar intinya!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s