Ketika Harus Memilih Antara Les Online atau Les Offline

Hai, aku balik lagi untuk kasih berbagai perspektif mengenai les online contohnya Ruangguru. Lately, aku lagi seneng aja bahas soal belajar online. Buat aku sih kelas online seru yah, kayak kita punya kelas sendiri. Selain itu kebiasaan ini juga mengasah kemampuan kecerdasan kita yang lain yaitu belajar otodidak. Dari apa yang aku rasain, memang sih aku ga bisa belajar semua bidang secara otodidak. Biasanya belajar otodidak gampang untuk bidang yang digemari atau bidang yang sesuai dengan bakat kita. Tapi aku ga nyerah sih, stay curious dan cari terus referensinya.

Khusus untuk tulisan ini, aku mau nulis buat temen-temen yang masih menjalani pendidikan SMA atau kalian yang punya kenalan yang masih SD-SMP dan bingung pilih mau les di mana untuk persiapan ujian. Minat aku pada pemanfaatan teknologi ini bukan sekedar kepengen nulis nambah-nambahin post di blog aja, tapi aku pengen sharing pemikiran aku kenapa kita harus mempertimbangkan revolusi belajar secara online.

Sebagai fans dari belajar online, apa sih pandangan aku terhadap tempat les offline misalnya Nurul Fikri gitu? Kebetulan dulu zaman sekolah SMA banyak juga temen yang les di sana karena dekat sekolah, jadi yang paling diinget nama bimbelnya itu 😂.

nf

Okay aku punya beberapa poin dari hasil pengamatanku, ini dia:

  1. Aku memperhatikan adikku dan temen-temen yang abis pulang sekolah, masih harus datang ke tempat les dan pastinya pulang sore atau bahkan di atas jam 7 malam.
  2. Ada orang yang fokus belajar kalo orangnya sedikit. Tapi kalo di bimbel gitu pastinya makin sedikit muridnya makin mahal kan? Jadinya kadang pilihannya jatuh pada terpaksa belajar rame-rame 😥. Ga efektif banget untuk tipe orang yang susah fokus.
  3. Sehabis pulang sekolah menghadapi situasi seperti di sekolah lagi. Masuk ke kelas dan duduk dengan cara yang sama seperti di sekolah. Kemudian guru menulis di papan tulis dan murid mencatat di meja. Boring banget.. life is too boring to do the same thing most of time, right?
  4. Harus bawa-bawa buku ke tempat les. Padahal buku sekolah udah berat banget kan.

Aku tuh prihatin gitu. Ya mungkin buat sebagian orang yang punya kelebihan uang ga akan begitu masalah dengan beberapa hal tadi. Mereka bisa pilih kelas yang ekslusif, buku ditaro mobil, dan bawaan berat ga jadi masalah. Tapi rata-rata orang pasti mencari yang terjangkau kan?

Here is the thing, belajar itu tujuannya bikin ilmu kita bertambah dan akan semakin tertanam di otak kita jika diasah terus. Dengan situasi seperti yang aku gambarkan tadi, sepertinya ada efek negatifnya dari datang ke tempat les biasa yaitu kelelahan pada si murid. Kata orang sih hidup itu perjuangan. Aku setuju. Tapi kita juga sebaiknya buka mata kita, kalau ada sesuatu yang telah dibuat oleh orang-orang hebat demi memudahkan hidup kita dan menjadikan hidup lebih bermakna. Ceilah….😁

Coba bayangin berapa waktu dan tenaga yang dapat kita simpan kalo kita belajar online. Serius, banyak banget! Dibandingin harus datang ke tempat bimbel, kalian bisa ngelakuin hal yang lebih efektif. Browsing di rumah, kereta, rumah temen atau mall sekalipun kalo lagi pengen curi-curi waktu belajar, bisa dengan hanya membawa hp atau tablet. Dari apa yang aku tau sih, ada beberapa les atau bimbel online sekarang, salah satunya adalah Ruangguru.

digitalboatcamp

Sekarang kita fokus pada perbandingan les offline (Nurul Fikri etc) dan les online (Ruangguru etc). Kekurangan dari les offline yang paling menonjol adalah saat para murid menginginkan bantuan guru di luar jam les. Susah deh ya mendapat pelayanan guru secara maksimal setelah kita keluar dari tempat les. Tapi tipe les seperti ini cocok buat kalian yang tidak membutuhkan banyak bantuan di luar jam les. Untuk mendapatkan kelas privat harga yang ditawarkan juga relative mahal ya readers menurutku.

Sedangkan kalo online, contohnya aja Ruangguru, materi disajikan dengan animasi yang menarik, ada layanan chat dengan guru bagi para murid. Layanan ini memungkinkan murid dan guru berinteraksi langsung. Gak semua tempat les online bisa sih, setau ku sih cuma di Ruangguru yang bisa. Selain itu, kalo les online ga perlu datang di waktu libur seperti sabtu/minggu buat try out. Kita bisa tryout dari rumah kalo les online. Belajar bagaikan kelas privat dan kita bisa atur suasana belajar kita sendiri. Enak banget ya. Mengenai materi gausah khawatir, karena setelah aku tanya-tanya ke yang udah pernah les online, di Ruangguru kurikulumnya udah sesuai dengan kurikulum terbaru. Kekurangannya ada juga sih, seperti penggunaan aplikasi yang membutuhkan space yang besar dan membutuhkan kuota internet besar.

Nah, jadi sekarang kamu bisa nentuin pilihan kan, mau belajar dengan format digital yang bisa dilakuin dimanapun dan kapanpun, atau les dengan format mengikuti jadwal yang sudah ditentukan dari pihak sananya. Hmm pastinya kalo sekarang pengennya yang serba praktis, efisien, dan efektif dong ya.

ruangguru 1

 “The measure of intelligence is the ability to change.” 
― 
Albert Einstein

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s