Belajar Anytime & Anywhere Berkat Bantuan Teknologi

anytime blog

Seneng deh bisa sharing soal tempat belajar online. Di postingan aku sebelumnya aku sempet bahas tempat belajar online asal luar negeri untuk mempelajari multiskills, yang menurut aku bisa banget kita coba. Sebagai penggemar belajar online, aku mau kasih sedikit gambaran kenapa aku sering browsing tentang berbagai tempat dan opportunity di jagat online.

Pertama, aku penasaran dengan berbagai hal, oleh karena itu butuh tempat belajar atau les yang banyak. Aku khawatir tempat les yang menyediakan pelatihan berbagai skill dari lintas bidang, sampe sekarang belum ada. Kedua, saat aku penasaran pada berbagai bidang dan skills, aku pastinya ga ada waktu banyak untuk meluangkan diri dateng tatap muka. Kemaren-kemaren aku kuliah sambil kerja juga, mustahil banget ambil les tatap muka!. Ini yang masalah banget buat aku. Alasan selanjutnya alias last but not least adalah tuntutan zaman dan kebutuhan. Kita udah ada di era yang menuntut kita serba cepat untuk mendapatkan berbagai informasi dan belajar banyak skill. Thanks to technologies! Udah ga ada alasan buat kita untuk ga up to date dan susah cari referensi, di mana pun kita berada. I mean, kita udah dibantu oleh search engine kayak Google untuk nyari apa aja yang kita mau. Ya meskipun ga semuanya ada, tapi setidaknya browsing di internet adalah hal pertama yang akan kita lakukan saat kita ga tau sesuatu. Ya kan?

Nah, internet udah jadi kebutuhan hidup kita sehari-hari. Kita ga perlu lagi repot-repot harus ke toko buat cari buku yang kita butuhkan setiap kita belum tau tentang suatu hal. Bukan bermaksud menjauhkan kalian dengan kehidupan berselancar di toko buku, tapi maksud aku sekarang zaman udah berbeda dan kita memiliki dua pilihan pada situasi ini. Aku juga gemar kok ke toko buku dan cari buku favorit. Tapi sekarang bukan zamannya lagi apa-apa musti ke toko buku untuk cari buku panduan.

Jadi inget sama adikku yang sekarang ini kelas 3 SMP. Dia pun udah pandai banget memanfaatkan internet sebagai sumber belajar. Let’s say dia mau cari tau jawaban untuk PR IPS dan matematika. Aku amazed gitu, cara mengerjakan tugas sekolah antara zaman aku dan adikku udah beda banget. Aku kayaknya dulu masih banyak buku berserakan dan susah gitu loh mau cari referensi. Hahaha see.. zaman udah jauh berubah.

Lebih keren lagi, orang-orang Indonesia sekarang mulai banyak yang peduli dengan pemanfaatan teknologi untuk belajar dengan membuat konten (creator belajar online). Salah satunya adalah Ruangguru. Berhubung udah ga zamannya aku ikut bimbel, jadi aku nulis ini buat readers aku yang mungkin mau masuk kuliah atau punya keluarga yang masih duduk di bangku SD dan SMP, termasuk adik aku.

ruang belajar 2
Video Materi Beranimasi

Kalau di rumah itu, adikku selalu menanyakan apa jawaban tugasnya. Nah, aku selalu nyuruh dia, cari di internet. Kan banyak.. baca aja! Aku ga sembarangan ngomong loh, kayak website Ruangguru misalnya (ruangguru.com) bisa ngebantu para siswa mencari jawabannya. Buktinya.. kadang aku bantu cari-cari jawaban di blognya ruangguru itu hahaha. Thank you ya udah menyediakan kontennya. It’s helpful..!

 

blog ruangguru
Blog Ruangguru

Oke balik lagi ke pemanfaatan teknologi untuk belajar online, aku juga baru tau kalo Ruangguru bisa nyediain jasa les online bahkan ada fitur langsung chat ke gurunya langsung. Waa hebat banget ada guru yang stand by 24 jam. Applause…! Ini bisa loh jadi alternatif kalian yang suka explore belajar sendiri dan waktunya ditentuin sendiri. Baik itu di mana aja dan pake baju apa aja ga masalah hahahah. Anytime and anywhere! That’s how its works. Keren! hahaha Aku ga berentinya ngomong keren ya, karena memang sangat terasa bedanya jika dibandingin sama zaman aku dulu 😂.

screenshot chatting digitalbootcamp
Chatting 24 jam Digital Bootcamp

Seperti yang sudah aku sebutkan, kelebihan les online adalah akses yang tidak menuntut adanya keterikatan waktu dan tempat, fleksibel. Tapi ada juga yang lainnya seperti berikut ini:

Kelebihan Kekurangan
●       Ga terikat waktu dan tempat (fleksibel)

●       Sajian materi menarik (animasi dan gambar)

●       Chat dengan guru 24 jam (khusus ruangguru.com)

●       Biaya relatif rendah

●       Tidak membutuhkan banyak perangkat kecuali gadget

 

●       Selalu membutuhkan koneksi internet

●       Aplikasi membutuhkan storage yang lumayan besar

 

 

Setiap hal memiliki plus dan minusnya sendiri ya readers. But we have to realize, kalo kita sekarang ini punya peluang untuk mempermudah hidup kita dalam menuntut ilmu a.k.a belajar. Iya sih I know orang Indonesia terkenal dengan stigma “tatap muka” gitu “kalo ga tatap muka kurang puool”. Sama aja kaya ungkapan “kalo belum makan nasi itu, ga makan buat orang Indonesia”. Padahal ungkapan itu ga sepenuhnya benar kan, artinya kita juga harus upgrade mindset. Memang sih, setiap orang punya caranya sendiri. Tapi dengan segala kemudahan yang ditawarkan internet buat kita, seharusnya bisa kita manfaatin dengan baik. Untuk kalian yang ingin improve cara belajar, Ruangguru menawarkan cara asik dan berbeda untuk belajar mata pelajaran di sekolah. Sekarang, saatnya kalian coba dan manfaatin. Good luck!

 

“You have brains in your head. You have feet in your shoes. You can steer yourself in any direction you choose. You’re on your own, and you know what you know. And you are the guy who’ll decide where to go – dr. Seuss

Advertisements

One Comment Add yours

  1. nyonyasepatu says:

    hua ada les online nya, seru banget ya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s