Self Development : Short Course at Udemy

Hai! Udah pernah denger Udemy.com? Singkatnya, udemy.com adalah platform untuk kursus online singkat di berbagai bidang. Mulai dari pelajaran berkaitan dengan bidang akademis, desain, sampai personal development. Awalnya gue menemukan udemy.com juga ga sengaja karena waktu itu lagi pengen nambah-nambah skill aja hehe. Eh taunya, seneng juga dan penasaran untuk nyoba kursus yang lainnya. Gue cari-cari website belajar gini karena merasa perlu untuk nyari ilmu di bidang yang gue gemari dan ga cuma belajar di kelas aja. Ternyata asik juga loh!

Categories

Untuk ikut kursus online di sini ada yang free dan berbayar. Harga sih bervariasi yah. Kalau gue beli kursus berbayar pas lagi promo aja. Lumayan loh, kalo lagi sale harga kursus yang tadinya 50 dollar bisa jadi cuma 10 dollar. Untuk bahasa pengantarnya sih kebanyakan (atau semua) menggunakan bahasa inggris ya.. jadi minimal kita harus bisa bahasa inggris buat ngerti materinya apa. Pilihan caption juga disediakan, jadi untuk kalian yang tidak dapat mendengar jelas apa yang tutor jelaskan, bisa membaca subtitlenya. Untuk kursus yang gue ikuti sih hanya tersedia dalam bahasa inggris aja ya. Gue kurang tahu juga sih apakah untuk kursus yang lainnya menyediakan bahasa selain bahasa inggris. (Please info kalo ada bahasa pengantar lain)

You can choose whether using subtitle or not

Tutornya sih berasal dari berbagai profesi yang terdiri dari praktisi dan certified trainer . Cuma kebanyakan tutor dari kursus yang gue ambil sih adalah praktisi. Buat yang penasaran cara penyampaian materinya, di sini penyampaian materi adalah berupa video berdurasi 5 menit – 7 menit. Tergantung dari pemilik materi. Menurut gue sih, umumnya memang sekali materi atau sekali video emang berdurasi pendek karena kalau durasi panjang bisa bikin kita ngantuk atau malah ga ngerti karena saking banyaknya materi yang disampaikan.

Sifatnya yang self-paced learning ini berarti sangat tergantung pada setiap individu yang joined. Kapan selesainya dan mau kapan kursus nya ya terserah. Semua kita yang atur.. asik kan? Mau pagi, siang, malem, subuh, anytime! Tapi inget, harus tetap serius. Gimana pun juga, kalian udah berinvestasi uang di sini (bagi yang ikut paid course) dan di awal kalian sudah memiliki minat untuk belajar.  Jadi sayang banget kalo ga dilanjutin.

Apa lagi ya..hmm. Oiya, sebenernya ga cuma udemy.com sih tempat belajar online yang bermutu. Kalian bisa kok googling website apa aja yang menyediakan ilmu gratisan yang oke banget. So far, sebagian besar berasal dari luar negeri. Di Indonesia yang gue tau terakhir sih kursus online yang modelnya kayak gini baru dari edX Indonesia ya, tapi bisa digoogling lagi untuk make sure hehe. Entah lah ya menurut gue, mungkin minatnya orang Indonesia belum banyak yang suka belajar online mandiri karena lebih senang tatap muka.

Belajar itu gak cuma dikelas dan tatap muka kok. Kita harus berkembang sesuai zaman. Saat ini teknologi sudah canggih dan mengikuti kursus yang memiliki fleksibilitas tinggi ini cocok buat kalian yang tidak suka dengan kursus-kursus yang mengharuskan datang ke kelas dan tatap muka. Menurut gue sih pasti selalu ada plus-minus nya juga ikut kursus offline atau online. Cuma untuk zaman sekarang ini yang menuntut kita memiliki ‘multi skill‘, berbagai platform sudah mulai bermunculan untuk membantu kita menjadi lebih skillful. Selamat mencoba!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s