‘Terpaksa’ Menjadi Karyawan Full Time dan Mahasiswa Full Time ? Gimana Biar Bisa Survive? (Part 2 – end)

Hello back again to my blog! Okay, ternyata yang baca postingan gue berkaitan dengan tema ini cukup tinggi ya. Berarti mungkin my beloved readers mengalami hal yang sama atau kalian penasaran dengan education journey gue hahaha. Gausah panjang-panjang intronya, langsung aja kita lanjut ke isinya! Kalau sebelumnya gue posting 4 hal yang dapat membantu kalian untuk survive saat kerja dan kuliah di waktu yang bersamaan, kali ini ada 3 tips tambahan.. enjoy!

Startup Stock Photos

5. DON’T STRESS

Seharusnya dengan menjalankan 4 tips sebelumnya, kalian udah ga terlalu stress yah. Karena memang tujuan dari tips sebelumnya adalah mencegah stress berlebihan datang. Jujur nih ya kalau udah stress itu gue bawaannya uah ga bisa mikir jernih, so when you face a stressful situation take a deep breath or just walk around to see beautiful things. it really helps.. trust me! you have to keep in mind that stress only make you left behind and you can not go forward silky.. calm down friends.

Kalian bisa asal mau berusaha..!

6. DISIPLIN

sebenernya dalam tips sebelumnya gue udh nyinggung soal adanya kedisiplinan ya. Tapi gue ingin menghighlightnya lagi nih. Kenapa disiplin penting? Gini ya, kalo kalian ikut kelas karyawan, itu artinya masa kuliah kalian umumnya ‘eksten’ dari kuliah sebelumnya and you know what is that mean? kalian itu kuliah lebih lama dari mereka mahasiswa reguler. Apa kalian ga kepengen cepet-cepet lulus ? Dengan kondisi yang kalian miliki, mustahil untuk lulus dengan baik kalo ga ada sikap disiplin. Sikap ini meliputi disiplin kehadiran, disiplin mengerjakan tugas, dan disiplin belajar terutama saat ujian. Gue ngerti banget padatnya kerjaan dan jadwal kalian gimana, tapi memang inilah jalan yang harus kalian tempuh dan to show you best kalian harus barengi itu dengan menanamkan sikap disiplin dan mau mengorbankan waktu .

7. TINGKATKAN SELF AWARENESS

Last but not least, self awareness. Ada yang belum tau self awareness? gampangnya, self awareness adalah kepekaan kita terhadap diri sendiri. Lalu apa aja yang kira-kira yang perlu kita ketahui dari diri kita biar survive sebagai mahasiswa yang sambil kerja ? Menurut gue ada beberapa hal yaitu: ketahuilah cara belajar, peka terhadap your body, dan peka terhadap self goals. bagaimana goals yang sudah dibuat kira-kira ketinggian ga atau malah kerendahan? Bikinlah yang realistis. Keputusan yang akan kalian ambil semua berdasarkan diri kalian sendiri. Dasarnya, segala tips yang kalian baca dan yang gue tulis bisa jadi ga applicable for everyone right? situasi dan kondisi mungkin mirip, tapi balik lagi ke tiap personal. Intinya tingkatkan self awareness untuk menjawab pertanyaan bagaimana gue bisa memberikan yang terbaik dengan situasi yang gue punya saat ini? Definisi terbaik di sini adalah nilai yang memuaskan ya guys.

Tetap semangat dan fighting !! Kadang memang hidup itu mendorong kita harus lebih berusaha untuk membentuk mental pejuang untuk menerjang segala challenge dalam hidup ini :D:D

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s