5 Alasan Gak Nyesel ke Farmhouse Bandung

blog-farm

Jadi, pertengahan September lalu, gue pergi ke Bandung. setelah mungkin hampir satu tahun ga ke Bandung, kali ini gue pengen menikmati Bandung dengan berwisata. Salah satunya ke tempat yang lagi populer ini, yaitu FARMHOUSE.

Lokasinya yang berada di Lembang ini, menuntut kita untuk berkendara dengan menumpang mobil Go Car dari Stasiun Bandung (gue naik kereta dari Jakarta). Untungnya, lokasinya sangat mudah dicari karena letaknya di pinggir jalan.

Okay, setelah menikmati Farmhouse dengan segala isinya, gue puas banget dan gak nyesel main ke sini karena beberapa alasan, ini dia!

  1. MURAH

Tiket : IDR 20.000

Pastinya ini jadi nomor satu alasan gue. Gue cukup kaget dengan tiket masuk yang ‘cuma’ 20.000. Setelah dapat tiket, kita bisa menukarkan tiket kita dengan susu sapi atau makanan. Kebetulan gue pilih menukarkan dengan susu sapi rasa cokelat. Rasanya enak :).

dsc02530
Kemasan Susu Farmhouse    (Dokumentasi pribadi)

     2. BANYAK SPOT FOTO

Sebagai salah satu tempat wisata, pastinya mereka ingin mempromosikan tempat wisatanya sebagai ‘bahan’ update-an pengunjung dong? Nah Farmhouse ini banyak banget spot-spot bagus yang sayang kalo ga di publikasikan di sosial media alias update-able. Ini baru sebagian lo yang gue publish. Bagus kan? Kebetulan yang gue publis adalah bagian eropa eropa, jadi penampakannya emang eropa eropa banget. Gimana, masih penasaran? Yuk scroll down!

     

     3. BERSIH

Hari gini susah-susah gampang ya nyari tempat wisata yang murah, banyak dikunjungi orang tapi bersih toiletnya dan ga banyak sampah berserakan? Gue terkesan banget sama service yang diberikan oleh pengelola (ini bukan paid promote). Awalnya gue sedikit ragu untuk ‘pipis’ di sini karena ekspektasi gue adalah toilet yang jorok (bau dan kotor). Soalnya memang hari itu adalah Sabtu, jadi pengunjung ‘membludak’. TERNYATA, TOILETNYA SUPER BERSIH DAN WANGI. Ditambah fasilitas kayak tissue dan sabun cuci tangan juga tersedia (semoga kalo abis direfill ya…ehehehe). Selain itu, di seantero area gue jarang menemukan sampah berserakan. Ada si beberapa kemasan bekas susu yang tidak dibuang ke tempatnya, tapi itu sedikit sekali. Karena ulah pengunjung ga bertanggung jawab!

Selain berkat pengelola yang disiplin, ini juga berkat pengunjung yang sadar akan pentingnya menjaga kebersihan demi kebaikan bersama. Jadi tolong diingatkan kembali, kita harus tetap menjaga attitude di tempat wisata ya, dengan tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga kebersihan dimana pun. Kalo bersih kan semua nyaman, semua senang.

      4.UNIK

Konsep bisa jadi suatu kekuatan bagi tempat wisata agar ramai dikunjungi. Di sini ada beberapa bagian (teritori). Seperti yang ada di papan petunjuk jalan ini :

dsc02510
Petunjuk jalan 1 (dokumentasi pribadi)
petunjuk-jln
Petunjuk jalan 2 (dokumentasi pribadi)

 

Selain teritori yang unik, di sini juga pengunjung dapat memberi makanan kepada hewan yang ada. Yang boleh diberi makan itu diantaranya domba, unggas, dan anak sapi. Check this out!

feed-lamb
Feed the Lamb (dokumentasi pribadi)

Untuk memberi makanan, pengelola memberikan tarif khusus (gue lupa berapa aja). Tapi yang gue inget, untuk beli wortel itu sekitar IDR 5.000. Ya pokoknya ga bikin kantong bolong lah. Selain memberikan pengalaman unik, ini bisa lo dijadikan sarana edukasi bagi anak-anak untuk memperkenalkan mereka dengan dunia binatang dan mengajarkan keberanian pada anak, seperti yang terlihat di foto :).

Hal unik lainnya, ada pula kostum-kostum yang disewakan. Sayang banget gue ga sempat nanya berapa harganya… tapi mungkin kalo kalian ke sini, bisa sharing ke gue ehehehe. Berikut ini adalah foto sekelompok ibu-ibu yang lagi mau foto pake baju tradisional Eropa yang mereka sewa dari pengelola. Seru kan?!

baju-sewa
Konstum Tradisional Belanda yang disewakan

5.MAKANAN ENAK

Memang si gue di sini ga nyobain makanan berat. Tapi buat cemilan, banyak banget! Dari sosis, jagung bakar, cookies, es krim, dan masih banyak lagi. Kebetulan salah satu yang gue cobain itu ice cream green tea yang menurut gue enak, seharga IDR 35.000 (tergantung toping, gue pake 2 toping). Yummyy!!!

eskrim

Gimana? tertarik ke Farmhouse?

Inget ya untuk selalu menjaga kebersihan dan promosiin wisata yang ada di dalam negeri biar kita ikut pula membangun perekonomian daerah sekitar dan perekonomian Indonesia. Cheers! #VisitLembang #VisitBandung

Advertisements

2 Comments Add yours

  1. edo says:

    Emang keren tempatnya mba, catet. Next klo ke Bandung lg mampir ke Farmhouse.. nice post btw 🙂

    1. nilasyara says:

      Iya emang bagus, lumayan buat refreshing :). Thanks a lot yaa hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s