ValeRossi dan Improvisasi

vale

instagram.com/valeyellow46

Yey, tanggal 16 Februari kemaren, idola gue merayakan ulang tahunnya. Happy Birthday Vale Rossi! Makin tambah umur, makin inspiratif. Itulah yang gue liat dari The Doctor—julukan yang diberikan karena kemampuannya yang luar biasa dalam menunggangi si kuda besi.

Di musim lalu, meskipun Rossi ga jadi kampiun,menurut gue, dia tetaplah seorang bintang. Ia bersaing sampai titik terakhir dan sempat juga dijagokan untuk medapatkan gelarnya yang ke-10. Memang sih, sempat ada insiden yang menegangkan sama Marquez, tapi ya ambil sisi positifnya aja. Kalo ga ada insiden, ga seru kan? Hehe.

Ngomongin soal umur, Rossi ini kan udah 37 tahun. Tapi menurut gue,  semangatnya untuk belajar, improve, dan bertarungnya, masih sangat tinggi. Ini tuh keliatan dari caranya mengubah gaya balapan dan agresifitasnya di lintasan untuk bersaing dengan pembalap yang jauh lebih muda kaya Marquez (22 tahun) dan Lorenzo (28 tahun).

Kayaknya kita harus niru deh, secara ya tahun ini gue aja (sudah) mau 22 tahun. Di usia yang masih dibilang muda ini, kadang-kadang kita suka ngerasa cepet banget ngeluh lah, malas lah, banyak excuse lah. Bener ga sih?

Kalo kalian (termasuk gue juga) ngerasa kaya gitu, sepertinya kita harus improve deh. Kenapa? Because the world moving fast. Kalo kita tetep puas aja sama diri kita yang sekarang, bakalan ketinggalan zaman nanti sama perubahan yang terjadi dan ga bisa bersaing sama yang lain. Apalagi, sekarang udah memasuki era Masyarakat Ekonomi Asean (kalo yang belum tau, bisa tanya Om Google ya, hehe). Sebagai konsekuensinya, persaingan seperti di dunia kerja atau bisnis bakalan semakin ketat.

Untuk improve, ga harus kita berubah tiba-tiba jadi Superman atau Cat Woman (maksudnya ga harus drastis). Tapi mulai dari yang kecil dulu. Ini nih tipsnya buat kalian yang ingin berubah menjadi lebih baik, yang gue kutip dari lifehack.com :

  1. Identifikasi dan kenali apa yang ingin kamu ubah

Pastinya dong! Kita harus mengenali pemasalahan sebelum kita perbaiki. Caranya, jujur sama diri sendiri apa yang menjadi kekurangan dan kelebihan kita. Terus, jangan lupa untuk ditulis ya. Biar kita bisa lihat terus progress kita sudah sejauh apa.

  1. Cari role model kamu

Role model yang kamu pilih, harus yang lebih baik di aspek yang ingin kamu perbaiki. Misalnya, kamu ingin pandai berbisnis. Lihat aja orang disekeliling kamu yang udah lebih dulu berbisnis atau pebisnis terkenal. Kita bisa belajar dari dia kan?

  1. Pikirkan efek yang akan menghampiri kalau kamu mengubah sikapmu

Ketika kita ingin mengubah sesuatu dalam diri kita, biasanya karena ada dorongan dari internal maupun ekstenal. Dengan kita membayangkan apa hal positif yang akan kita dapat, tentunya motivasi juga akan berkali-kali lipat.

  1. Pilih lingkungan yang mendukung perubahan

Lingkungan berperan penting dalam pembentukan karakter seseorang. Kalau mau cepet improve ke arah yang lebih baik, pilih lingkungan yang positif juga. Karena mereka akan secara tidak langsung jadi acuan kita dalam berperilaku.

  1. PERCAYA kalo kamu bisa IMPROVE!

Nah, penting nih! Kalau kita percaya, kita akan terus cari jalan dan berusaha mewujudkan semua yang kita inginkan. SEMANGAT!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s